Pengaruh Kombinasi Teknik Massage Rolling (Punggung) dan Pijat Woolwich Terhadap Kelancaran Produksi ASI Post Partum di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi Tahun 2019

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Nurkholillah
Advisor:
Lazdia, Wenny
Afriyanti, Detty
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Massage Rolling, Woolwich, Produksi ASI.
DOI:
-
Abstract :
Fenomena ketidaklancaran produksi dan pengeluaran ASI merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan laktasi pada ibu menyusui. Begitu juga di Puskesmas Guguk Panjang yang menyebabkan rendahnya capaian pemberian ASI eksklusif yang hanya mencapai 37,2%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kombinasi Teknik Massage Rolling (Punggung) dan Pijat Woolwich Terhadap Kelancaran Produksi ASI Post Partum di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan pendekatan post test only non equivalent control group design yang telah dilakukan pada bulan April Mei 2019 di wilayah kerja Puskesmas Guguk Panjang dengan populasi sebanyak 56 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan besaran sampel sebanyak 20 orang (10 kelompok perlakuan dan 10 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelancaran produksi ASI pada kelompok perlakuan adalah 10,6 kali/ 24 jam dan pada kelompok kontrol 8,1 kali/ 24 jam. Terdapat perbedaan rata-rata kelancaran produksi ASI responden antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dengan beda rata-rata 2,5 kali/ 24 jam dan nilai p = 0,000. Disimpulkan bahwa pemberian teknik massage rolling (punggung) dan pijat woolwich berpengaruh signifikan terhadap kelancaran produksi ASI post partum. Maka dari itu disarankan kepada ibu menyusui untuk dapat melakukan perawatan payudara dengan tepat sebagai upaya utama penentu keberhasilan laktasi.
Download From Google Drive