Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan K4 Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Kajai Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018

Categorie(s):
   Lecturer Research
Author(s):
   Paramitha, Firsty Ayu - et.al
Advisor:
-
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kunjungan K4 Ibu Hamil.
DOI:
-
Abstract :
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan AKI adalah dengan menjamin pelayanan kesehatan pada ibu hamil. Puskesmas Kajai merupakan puskesmas dengan capaian K4 yang cukup rendah yaitu 62,9% dan angka ini berada pada urutan 2 terendah di Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kunjungan K4 Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kajai Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli Agustus 2018 di wilayah kerja Puskesmas Kajai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil TM III ( > 39 minggu) dan ibu bersalin sepanjang Agustus 2018 yaitu sebanyak 73 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan besaran sampel sebanyak 73 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner, analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58,9% responden berpengetahuan rendah, 52,1% dukungan keluarga kurang baik, 56,2% petugas berperan aktif, 58,9% tidak K4. Ada hubungan pengetahuan ( p = 0,012, OR = 3,875), dukungan keluarga (p = 0,004, OR = 4,833), peran petugas ( p = 0,026, OR = 3,474) dengan kunjungan K4 ibu hamil.
Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, dukungan keluarga, dan peran petugas berhubungan signifikan dengan kunjungan K4 ibu hamil. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak, terutama keluarga dan petugas kesehatan untuk dapat selalu memberikan dukungan memotivasi ibu dalam kunjungan antenatal care agar ibu dapat disiplin dalam melakukan kunjungan kehamilan.
Download From Google Drive