Analisis Faktor Pelaksanaan Kebijakan BPJS Tentang Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) Terhadap Pelayanan Puskesmas Di Kota Payakumbuh Tahun 2018

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Rakhmawati, Rika
Advisor:
Hasnita, Evi
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
KBKP, BPJS, puskesmas.
DOI:
-
Abstract :
Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan Puskesmas dalam rangka peningkatan mutu pelayanan. Metode penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi. Dilakukan di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, bulan Juni Juli 2018. Informan sejumlah 34 orang. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam.dan diolah serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui kebijakan KBKP terlaksana diseluruh puskesmas dengan jumlah SDM, Dana dan sarana prasarana yang cukup pada puskesmas. lingkup pelayanan pada kegiatan UKP dan UKM melalui pendekatan promotif dan preventif. Proses pencapaian indikator terkendala pada indikator angka kontak dan Rasio Peserta Klub Prolanis Rutin Berkunjung (RPPB) ke Puskesmas. Sedangkan indikator Rasio Rujukan Non Spesialistik (RRNS) pada zona aman. Output yang dihasilkan pelayanan kesehatan Puskesmas dengan KBKP memberikan kepuasan pasien, sistem kerja lebih terstruktur, pelayanan yang berkualitas dan profesional. Kesimpulan adalah puskesmas harus meningkatkan koordinasi kegiatan UKM dan UKP di puskesmas dengan lebih mengutamakan promotif dan preventif untuk meningkatkan capaian indikator KBKP yang berdampak pada pembayaran kapitasi oleh BPJS untuk pendanaan kegiatan operasional puskesmas.
Download From Google Drive