Determinan Kejadian Composite Index of Anthropometric Failure (CIAF) di Kabupaten Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Kota Solok dan Padang Tahun 2018

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Tamaella, Septiana Nadia
Advisor:
Sulung, Neila
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Determinan, Kejadian Composite Index of Anthropometric Failure (CIAF), Keragaman Makanan, Imunisasi, ASI Ekslusif, Ibu Balita.
DOI:
-
Abstract :
Dari hasil survai di Kabupaten Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Kota Solok dan Padang ditemukan pada tahun 2018 target sasaran balita berjumlah 17.996 jiwa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada 15 ibu balita didapatkan bahwa balita yang mengalami kegagalan antropometri dikarenakan sang ibu tidak memberikan keragaman makanan pada balita, imunisasi tidak lengkap dan pemberian ASI tidak Eksklusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui determinan kejadian Composite Index of Anthropometric Failure (CIAF). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Sectional Cross, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu bulan Mei Juli tahun 2018. Data diolah kemudian dianalisis sampai tahap multivariate dengan uji statistik Chi_Square. Hasil penelitian terdapat 30.3% responden mengalami CIAF, 51.7% responden memiliki keragaman makanan yang tidak beragam, 30.7% responden memiliki status imunisasi tidak lengkap, 52.8% responden tidak diberikan ASI Ekslusif, 60.3% responden memiliki umur yang beresiko, 54.7% responden berjenis kelamin laki-laki, 44.2% responden memiliki tingkat pendidikan yang rendah, 48.3% responden memiliki status ekonomi rendah, 34.1% responden pernah menderita penyakit infeksi. Hasil analisis bivariat terdapat pengaruh antara keragaman makanan terhadap kejadian CIAF dengan nilai p value = 0.000 dan OR = 3.632, terdapat pengaruh antara status imunisasi terhadap kejadian CIAF dengan nilai p value = 0.000 dan OR = 7.099 dan terdapat pengaruh antara pemberian ASI Ekslusif terhadap kejadian CIAF dengan nilai p value = 0.000 dan OR 13.565. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang bermakna antara keragaman makanan, status imunisasi dan ASI Ekslusif dengan kejadian Composite Index of Anthropometric Failure (CIAF). Disarankan kepada ibu balita untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang balita agar menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi.
Download From Google Drive