PengaruhPelayanan Publik terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Di Pukesmas Koto Besar Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Lasmita
Advisor:
Asbiran, Nursal
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
DOI:
-
Abstract :
Salah satu pelayanan publik yang dilakukan aparatur pemerintah yaitu pelayanan masyarakat dibidang kesehatan. Kegiatan pelayanan yang diberikan Puskesmas Koto Besar akan dinilai dari tingkat kepuasan masyarakat. Penilaian yang diberikan masyarakat menentukan ukuran kinerja pelayanan publik. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan teknik non-probality sampling Dengan jenis penelitian Accidental sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang responden.Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang datang ke Puskesmas Koto Besar. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Mei tahun 2016 sampai April tahun 2017. Hasil penelitian ada hubungan bermakna antara dimensi keandalan,ketanggapan,jaminan,empatidan bukti langsung terhadapindekkepuasanmasyarakat.Variabel yang paling berpengaruh terhadap indeks kepuasan masyarakat yaitu empati dengan OR 14.604 . Kesimpulan secara multivariat oleh peneliti bervolumdari OR empati terhadap IKM. Hasil penelitian tingkat ketanggapan 55%,keandalan 53%,jaminan 62 %,bukti langsung58%, danIKM 56 %. Yang berhubunganketanggapandenganp= 0,000OR= 5,857 yang artinya Ibu yang mempunyai ketanggapan tidak baik mempunyai peluang 5 kali untuk mengalami IKM yang puas dibandingkan dengan responden dengan IKM baik.hubungan keandalan dengan IKM engan p=0,000 OR= 18,409 yang artinya responden dengan keandalan tidak baik mempunyai 18 kali dengan indek kepuasan tidak puas. hubungan empati dengan indeks kepuasan masyarakat hasil p=0,000 dengan OR=11,812 yang artinya responden dengan empati tidak baik memiliki peluang 11 kali mengalami indeks kepuasan yang tidak baik.analisis jaminan dengan p=0,000 hasil OR = 68,704, analisis bukti langsung p=0,000OR = 9,755.Disarankan bagi tenaga kesehatan Puskesmas Koto Besar bisa meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.
Download From Google Drive